Kamis, 27 September 2012

Bird of Paradise


Fisik Strelitzia nicolai menyerupai Heliconia. Bunganya unik. Berbentuk mirip kepala Cendrawasih. Itulah alasan mengapa ia disebut Birds of Paradise.

Tak salah jika dikatakan Indonesia adalah tempat tumbuh yang ideal bagi bermacam jenis  flora. Strelitzia salah satunya. Tanaman asal Afrika Selatan ini, bisa tumbuh subur dan berbunga di Indonesia.

Strelitzia memiliki tampilan bunga yang mirip kepala Cendrawasih (Birds of Paradise). Setiap bunganya terdiri dari beberapa kelopak runcing dan tegak lurus, yang muncul dari sebuah kelopak lain yang berbentuk seperti perahu. Warna kelopaknya bisa paduan oranye-biru, kuning-biru, atau putih-biru.

Di antara semua jenisnya, Strelitzia nicolai adalah yang paling banyak ditemui. Selain itu, ia juga yang memiliki ukuran paling tinggi. S. nicolai bisa tumbuh hingga setinggi enam meter. Semua jenis strelizia memiliki daun lebar, menyerupai daun pisang.

Menanam strelizia tergolong mudah. Ia juga bisa menyesuaikan diri dengan banyak jenis tanah. Bahkan setelah dewasa dan bisa beradaptasi dengan baik, ia bisa bertahan tanpa air selama beberapa minggu. Yang juga menyenangkan strelizia menyukai sinar matahari. Jadi, jika tak ingin repot mengurus taman, masukkan strelizia ke dalam daftar tanaman Anda. Bunganya indah, yang mungkin membuat rumah bak surga.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar