Minggu, 30 September 2012

Begonia

Begonia adalah salah satu jenis tanaman berbunga dari keluarga Begoniceae. Tanaman ini adalah tanaman tahunan.  Karena kadang-kadang bunganya berwarna putih, merah jambu, merah menyala, atau kuning dan sering dihiasi dengan daun yang menarik, banyak spesies yang telah dibudidayakan dalam bentuk hibrida dan kultivar. Jenis yang tidak biasa ini terbentuk dari spesies dalam jenis yang berasal dari benua yang berbeda dan dapat dihibridisasi satu sama lain sehingga menghasilkan banyak kultivar.


Perlu diketahui bahwa tidak semua Begonia berbunga. Oleh sebab itu Begonia juga dibedakan menjadi Begonia daun dan Begonia bunga. Apapun jenisnya, alam atau eksotis, bunga atau daun, yang pasti keunikan daun Begonia terletak dari bentuk daunnya yang asimetris. Warna daunnya pun tak selalu hijau, ada perak, merah dan ungu yang kadang dihiasi dengan bintik-bintik putih atau lingkaran kecil. Sementara itu tekstur daun Begonia juga menarik. Ada yang permukaannya kasar, ada yang lembut bak beludru, tapi ada pula yang keriting dan berkerut.
Ada yang menarik dari koleksi Taman Begonia ini. Di antara nama-nama “asing” seperti Begonia rex “silver circle”, Begonia “chantilly lace”, Begonia beworae “cleopatra”, Begonia “manicata “Fairy Land”, Begonia cuculatta wild “Thousand Wonders”, terdapat kultivar baru dengan nama Begonia “Tuti Siregar” yang sudah dipatenkan dengan nomor registrasi 1001 di American Begonia Society (ABS). Begonia ini adalah “ciptaan” Hartutiningsih M. Siregar, peneliti begonia yang sekarang bekerja di Pusat Konservasi Tumbuhan, Kebun Raya Bogor. Begonia hibrida yang dihasilkan dari penelitian selama tiga tahun ini dinamakan sesuai dengan nama peneliti itu sendiri yang telah berhasil menyilangkannya.

        






Tidak ada komentar:

Posting Komentar